prayoga sejati 2KA22 10120891
JUDUL
TARI SANG PENARI
A film by.Budiman M
SCENE
Deskripsi
Nampak
TARI sedang melaksanakan sholat Isya di kamar, dengan mengenakan mukenah yang
sedikit kumal, beralaskan tikar, nampak lukisan kanvas yang menempel di dinding
kamar Tari, topeng
peninggalan ibunya.kamarnya sangat kecil, namun buku-buku pelajaran sekolah dasar nampak tertata
rapi, di dinding pojok kamar ada sebuah photo ibunya sedang memakai kostum tari tradisional
Nama tokoh yang
tulis hanya yang ada dalam adegan pada scene itu. Kalau tokoh itu berdialog,
nama tokoh ditulis di bawah deskripsi, di tengah halaman, lalu di bawahnya,
ditulis dialog yang dilakukan.
Dialog
Dialog pada skenario
dilakukan oleh tokoh yang ada pada scene yang bersangkutan saja. Dialog ditulis
lugas dan isinya tidak bertele-tele karena fungsi dialog adalah memberi
informasi ketika gambar tidak bisa melakukan itu dan sebagai penggerak cerita.
TARI
(memohon)
Pak, kertas
ini punya siapa ya ?
Ini Tari minta
ya Pak...
PEMILIK TOKO
(tersenyum)
Oh iya bawa
aja Tari
Sambil senyum kecil tari memasukan formulir kedalam tas dan melanjutkanjalan kerumahnya.
Transisi
Pada scene tersebut
juga terlihat kalau sebelum scene heading ada keterangan FADE IN. FADE IN ini
merupakan transisi yang ditulis sebelum menulis scene satu, fungsi FADE IN
adalah sebagai transisi dari gambar gelap ke terang, yaitu masuk pada adegan
atau scene pertama.
FADE IN
INT.
RUMAH TARI.RUANG DEPAN – MALAM
SUJARWO (40 Tahun) sedang melukis diatas kanvas, sinar cahaya yang tidak terlalu terang, ruangan itu terlihat
berantakan, penuh dengan barang-barang perlengkapan melukisnya,seperti cat, kuas, dan bingkai-bingkai. sepeda butut yang menyender di tembok. lalu Sujarwo menghela nafas
sambil meminum teh yang berada di sebelah meja lukisnya.
FlashBack
Flashback
menyuguhkan situasi yang akan datang baru setelahnya cerita bergerak kembali
dari situasi awal.Bisa diartikan sebagai
kilas balik,cerita yang kembali pada waktu sebelum/bisa menunjukkan kemunduran
waktu beberapa tahun ke belakang bisa juga hanya waktu dlam waktu beberapa saat
sebelumnya Pola flashback
membangun kekuatan rasa ingin tahu penonton terhadap apa yang terjadi pada
film, penggunaan pola flashback sangat beresiko menjadi spoiler apabila
diterapkan secara tidak cermat.
FLASH BACK
1.SUJARWO dan SOPIA menunggang becak, ketika hendak melahirkan TARI.
SOPIA
(sambil
menuliskan di secarik kertas)
Pak...kalo
anak kita perempuan
Ini
namanya”TARI”.
Kemudian SUJARWO memeluk TARI sambil terharu dan mencium
Tari.
Tak lama kemudian Sujarwo pun mengambil burung di
belakang rumah dan mengeluarkan sepeda, TARI di bonceng sambil membawa sangkar dan Burung yang hendak
dijual buat biaya pendaftaran lomba.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar