Cari Blog Ini

Sabtu, 16 Oktober 2021

TREN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY ( VR ) #Inovasi SI & New Technology #2KA22

TREN TEKNOLOGI

 

Disusun oleh kelompok 8 : 

1.     Artha Tesalonika S ( 10120195 )

2.    Arya Tri Pradana ( 11119087 )

3.    Prayoga Sejati ( 10120891 )

4.    Rio Tri Laksono ( 11120018 )

5.    Zevanya Marcelius H ( 11120195 )

 

VIRTUAL REALITY ( VR )

Perkembangan VR, sebagaimana diikuti dari Herlangga ( 2016 ), bermula dari tahun 1962 di mana sebuah purwarupa bernama Sensorama dibuat oleh Morton Heilig.

Teknologi virtual reality telah banyak diterapkan dibeberapa sektor industri seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek, militer, hiburan  dan lainnya.

Virtual Reality ( VR ) merupakan teknologi yang mampu menciptakan simulasi yang mirip dengan dunia nyata. Teknologi ini membuat para pengguna atau user dapat berinteraksi dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, seperti suasana kamu ada dalam permainan video atau tayangan video lainnya. VR membawa pemandangan, suara, dan sensasi lainnya lewat perangkat seperti kacamata dan headset.

Komponen Virtual Reality ( VR ) yang paling terkenal adalah tampilan yang dipasang dikepala atau head-mounted display ( HMD )

PERANGKAT VR

Perangkat pendukung ini biasanya terdiri dari helm, headset, walker, suit dan sarung tangan ( glove ). Teknologi Virtual Reality mensyaratkan beberapa hal yaitu :

v  Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan  persepektif dari penggunanya.

v  Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri.

Beberapa rekomendasi perangkat VR :

1.     Sony PlayStation VR 



2.    Samsung Gear VR



3.    LG 360 VR



4.    Homido VR



5.    Razer OSVR



6.    Oculus Rift



Elemen Virtual Reality ( VR ) :

ü  Virtual World : konten dari sebuah medium yang diberikan.

ü  Immersion : sensasi berada di dalam sebuah lingkungan. Yang terdiri dari :

a.    Mental Immersion : suspension of disbelief.

b.    Physical Immersion : secara badan / fisik memasuki media.

c.    Mentally Immersion : sensasi user berada dalam virtual environment.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan menggunakan VR yaitu, pekerjaan yang susah dapat dijadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang suatu bangunan ; gedung, hotel dan rancangan denah rumah.

Penggunaan Virtual Reality ( VR ) ini juga dapat membantu melakukan beberapa pelatihan, seperti latihan menerbangkan pesawat dengan stimulator. Membantu memecahkan permainan atau game bagi beberepa orang yang menyukai permainan, misalnya dalam permainan second life, The sims, dan fable.

Namun dibalik kelebihan atau keunggulan itu semua tentu ada kekurangan dari VR ini sendiri. Kekurangan Virtual Reality ( VR ) adalah user mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan. Akhirnya, VR dapat meningkatkan pengangguran. Biaya pembuatan VR yang lebih cenderung mahal.

Virtual Reality ( VR ) sendiri memiliki efek negatif yaitu cybersickness. Cybersickness adalah gangguan yang sering dialami dalam penggunaan VR. Penderita akan merasa ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu walaupun sebenarnya penderita sudah kembali ke dunia nyata. Jadi, gangguan ini tidak boleh dianggap remeh karena penderita biasanya susah kembali ke dunia nyata dan selalu terangan – angan dalam dunia yang ada di VR.

 

 

Sumber :

https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/

https://www-smarteye-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.smarteye.id/blog/rekomendasi-perangkat-vr/amp/?amp_gsa=1&amp_js_v=a6&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D - amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16343763788360&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.smarteye.id%2Fblog%2Frekomendasi-perangkat-vr%2F

https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/skola/read/2020/10/12/175305269/virtual-reality-vr-dan-contoh-penggunaannya?amp_gsa=1&amp_js_v=a6&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D - amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16343766012603&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fskola%2Fread%2F2020%2F10%2F12%2F175305269%2Fvirtual-reality-vr-dan-contoh-penggunaannya

MATKUL (SEMESTER 2) ILMU SOSIAL DASAR#