Cari Blog Ini

Sabtu, 16 Oktober 2021

TREN TEKNOLOGI VIRTUAL REALITY ( VR ) #Inovasi SI & New Technology #2KA22

TREN TEKNOLOGI

 

Disusun oleh kelompok 8 : 

1.     Artha Tesalonika S ( 10120195 )

2.    Arya Tri Pradana ( 11119087 )

3.    Prayoga Sejati ( 10120891 )

4.    Rio Tri Laksono ( 11120018 )

5.    Zevanya Marcelius H ( 11120195 )

 

VIRTUAL REALITY ( VR )

Perkembangan VR, sebagaimana diikuti dari Herlangga ( 2016 ), bermula dari tahun 1962 di mana sebuah purwarupa bernama Sensorama dibuat oleh Morton Heilig.

Teknologi virtual reality telah banyak diterapkan dibeberapa sektor industri seperti kedokteran, penerbangan, pendidikan, arsitek, militer, hiburan  dan lainnya.

Virtual Reality ( VR ) merupakan teknologi yang mampu menciptakan simulasi yang mirip dengan dunia nyata. Teknologi ini membuat para pengguna atau user dapat berinteraksi dalam dunia maya yang disimulasikan oleh komputer, seperti suasana kamu ada dalam permainan video atau tayangan video lainnya. VR membawa pemandangan, suara, dan sensasi lainnya lewat perangkat seperti kacamata dan headset.

Komponen Virtual Reality ( VR ) yang paling terkenal adalah tampilan yang dipasang dikepala atau head-mounted display ( HMD )

PERANGKAT VR

Perangkat pendukung ini biasanya terdiri dari helm, headset, walker, suit dan sarung tangan ( glove ). Teknologi Virtual Reality mensyaratkan beberapa hal yaitu :

v  Tampilan gambar / grafis / visualisasi 3D tampak nyata dan sesuai dengan  persepektif dari penggunanya.

v  Mampu mendeteksi semua gerakan dan respon dari pengguna, seperti gerakan kepala atau bola mata pengguna. Ini dibutuhkan agar tampilan grafis dapat sesuai dengan perubahan dunia 3D dari pengguna itu sendiri.

Beberapa rekomendasi perangkat VR :

1.     Sony PlayStation VR 



2.    Samsung Gear VR



3.    LG 360 VR



4.    Homido VR



5.    Razer OSVR



6.    Oculus Rift



Elemen Virtual Reality ( VR ) :

ü  Virtual World : konten dari sebuah medium yang diberikan.

ü  Immersion : sensasi berada di dalam sebuah lingkungan. Yang terdiri dari :

a.    Mental Immersion : suspension of disbelief.

b.    Physical Immersion : secara badan / fisik memasuki media.

c.    Mentally Immersion : sensasi user berada dalam virtual environment.

 

KELEBIHAN DAN KEKURANGAN

Kelebihan menggunakan VR yaitu, pekerjaan yang susah dapat dijadikan mudah dengan menggunakan berbagai macam aspek dari komputer misalnya seperti merancang suatu bangunan ; gedung, hotel dan rancangan denah rumah.

Penggunaan Virtual Reality ( VR ) ini juga dapat membantu melakukan beberapa pelatihan, seperti latihan menerbangkan pesawat dengan stimulator. Membantu memecahkan permainan atau game bagi beberepa orang yang menyukai permainan, misalnya dalam permainan second life, The sims, dan fable.

Namun dibalik kelebihan atau keunggulan itu semua tentu ada kekurangan dari VR ini sendiri. Kekurangan Virtual Reality ( VR ) adalah user mungkin mengalami perasaan kehilangan realitas dan perasaan isolasi saat mereka berinteraksi dengan dunia buatan. Akhirnya, VR dapat meningkatkan pengangguran. Biaya pembuatan VR yang lebih cenderung mahal.

Virtual Reality ( VR ) sendiri memiliki efek negatif yaitu cybersickness. Cybersickness adalah gangguan yang sering dialami dalam penggunaan VR. Penderita akan merasa ketegangan mata dan bahkan disertai rasa pusing. Terkadang penderita secara psikologis masih terbawa pada suasana semu walaupun sebenarnya penderita sudah kembali ke dunia nyata. Jadi, gangguan ini tidak boleh dianggap remeh karena penderita biasanya susah kembali ke dunia nyata dan selalu terangan – angan dalam dunia yang ada di VR.

 

 

Sumber :

https://socs.binus.ac.id/2018/11/29/virtual-reality/

https://www-smarteye-id.cdn.ampproject.org/v/s/www.smarteye.id/blog/rekomendasi-perangkat-vr/amp/?amp_gsa=1&amp_js_v=a6&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D - amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16343763788360&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.smarteye.id%2Fblog%2Frekomendasi-perangkat-vr%2F

https://amp-kompas-com.cdn.ampproject.org/v/s/amp.kompas.com/skola/read/2020/10/12/175305269/virtual-reality-vr-dan-contoh-penggunaannya?amp_gsa=1&amp_js_v=a6&usqp=mq331AQKKAFQArABIIACAw%3D%3D - amp_tf=Dari%20%251%24s&aoh=16343766012603&referrer=https%3A%2F%2Fwww.google.com&ampshare=https%3A%2F%2Fwww.kompas.com%2Fskola%2Fread%2F2020%2F10%2F12%2F175305269%2Fvirtual-reality-vr-dan-contoh-penggunaannya

Jumat, 08 Oktober 2021

Inovasi SI & New Technology # TUGAS REVIEW PRODUK PERUSAHAAN IT YG INOVASINYA MEMBERI PENGARUH YG SIGNIFIKAN BAGI MASYARAKAT # NAMA : PRAYOGA SEJATI NPM : 10120891

 


Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi








Mata Kuliah : Inovasi SI & New Techonology#

Di susun oleh :

1.       Artha Tesalonika S ( 10120195 )

2.       Arya Tri Pradana ( 11119087 )

3.       Prayoga Sejati ( 10120891 )

4.       Rio Tri Laksono ( 11120018 )

5.       Zevanya Marcelius H ( 11120195 )

 



BLIBLI

Diluncurkan pada 2011, Blibli tercatat sebagai situs e-commerce termuda di Indonesia. Toko maya itu menjual segala jenis barang dari BlackBerry hingga layanan TV berlangganan atau tiket konser dan sepeda motor.

Hiruk pikuk transaksi didalamnya cukup membuatnya dijuluki Amazon.com versi Indonesia. Blibli lebih menitikberatkan kepada hal-ihwal teknologi. Tak seperti banyak situs di Nusantara yang tak dipersenjatai sistem pembayaran yang aman, Blibli menerima Visa atau Mastercard dan dirancang mendapatkan persetujuan serta jaminan keamanan dari VeriSign, perusaan autentifikasi layanan yang berbasis di AS.

Perusahaan start-up itu dimiliki oleh PT Global Digital Niaga, anak perusahaan Grup Djarum dan Bank Central Asia (BCA), yang memungkinkannya tak kehabisan dana. Alhasil, Merek-Merek ternama seperti Cartier, Harley Davidson dan Phillips, kepincut.

Demi memadukan media sosial dengan pengalaman belanja online, situs itu menampilkan kolom “Our Experts” dengan para penulis yang dilabeli “Miss Stylish” dan “Mr. Gadget.” Keduanya berfungsi sebagai kurator yang memilih barang-barang sesuai dengan reaksi pasar menyangkut tren terbaru, review telepon seluler, dan komputer.

Situs itu dikunjungi sekitar 30 ribuorang per hari dan memiliki keterikatan kuat dengan perbankan serta perusahaan telekomunikasi. Keistimewaan situs ini juga pada kecepatan pengiriman barang. Contoh:pengiriman barang perdana iPhone 4S tiba satu jam setelah pemesanan.

BLIBLI.COM adalah e-commerce pertama di Indonesia yang mulai beroperasi sejak tahun 2011 dengan berkantor pusat di Jakarta telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Kini Blibli.com telah memiliki 15 kategori produk yaitu Handphone; Tablet & Wearable Gadget; Kamera; Komputer & Laptop; Peralatan Elektronik; Fashion Pria; Fashion Wanita; Kesehatan & Kecantikan; Ibu & Anak; Olahraga & Aktivitas Luar Ruang; Tiket & Voucher; Home & Living; Mainan & Video Games; Otomotif; Kuliner; dan Galeri Indonesia dengan memiliki 4 warehouse yang tersebar di Jakarta, Tangerang, dan Medan.

Dalam perjalanan bisnisnya, Blibli.com hadir sebagai satu-satunya e-commerce yang berkomitmen turut aktif dalam mendukung dan memberdayakan creativepreneurs lokal mulai dari pengembangan usaha hingga menjadi market channel bagi mereka. Blibli.com juga telah bermitra dengan lebih dari 20.000 brand lokal maupun internasional seperti : Accent, Clarks, Zara, Bonia, Nautica, ataupun Adidas, Nike, Mum&Babes, dan Mothercare.

Blibli.com selalu mengedepankan customer focus, dengan menghadirkan produk – produk yang relevan, akses yang lengkap dan layanan Customer Care 24×7.  Kelebihan utama kami adalah melayani konsumen di seluruh Indonesia dengan gratis biaya pengiriman (free shipping) ke semua destinasi, beragam cara pembayaran, cicilan 0% dari 18 bank, program pengembalian barang hingga 15 hari, dan pengadaan program poin Blibli Rewards.

Kelebihan dari Blibli



Harganya kompetitif kalau dibandingkan dengan online mall dan shop di Indonesia, bahkan bisa termurah kalau anda betah mengecek stoknya. Sering habis soalnya.

Kupon belanja yang mudah didapatkan dengan berbagai macam nominal, minimal anda bisa mendapatkan 2 buah kupon senilai total 100 ribu dari mendaftar newsletter Blibli.

Ongkos kirim gratis ke seluruh Indonesia, dan ini benar – benar nyata saat saya coba mengirim ke Malang dari Jakarta. Lazada saja masih membayar ongkos kirimnya. Ini ikut andil belanja kita jadi lebih hemat.

Customer service yang mudah dicari, setidaknya lewat Livechat kita bisa bertanya langsung mengenai masalah yang kita alami. Walau anda belum tentu membutuhkannya tapi saat anda mengalami masalah saya jamin anda bersyukur tim support Blibli selalu ada 24 jam sehari.

Pelayanan customer service Blibli yang cepat, ramah dan sabar. Saya tidak kecewa sama sekali.

Packing barangnya untuk elektronik menggunakan kayu, sekecil apapun ukurannya dan ini gratis lagi tidak menambah biaya ongkos kirim.

Agak kagum saya melihat pembelian handphone Smartfren Andromax C3 saya dikemas seperti itu, kalau dulu di Lazada saya beli hp si merchant partner cuma menggunakan kardus aslinya dan dibungkus biasa. Mungkin ini karena letak perbedaan sistem pengirimannya yang saya rasakan lebih lama dari standarnya.

Kekurangan dari Blibli



Sistem konfirmasi pembayaran transfer bank yang memakan waktu 1 hari sejak mengirimkan uang kalau order di hari kerja dan 2-3 hari kalau anda membelinya di hari sabtu dan minggu. Ini yang saya alami dan sempat frustasi karena masih pertama kali mengujicoba Blibli. Sedangkan di tetangga kurang lebih beberapa menit sudah dikonfirmasi.

Tidak ada cara konfirmasi pembayaran manual, tampaknya harus komplain ke customer care Blibli untuk hal ini.

Kalau di Lazada setiap ada perubahan status order akan diberitahukan melalui email dan SMS. Sedangkan Blibli hanya pada saat meletakkan pesanan dan konfirmasinya. Jadi kita harus sering – sering mengecek kabar terbarunya.

Sistem pengiriman barang yang tampaknya harus dijemput oleh kurirnya (Pickup), jadi merchant partnernya tidak boleh mengirimkan sendiri. Ini kelemahannya menjadi lebih lama (saya menunggu 2 hari baru statusnya berubah sudah diambil kurir) tapi kelebihannya tampaknya ada standar packingnya. Pembelian hp yang saya sebutkan diatas menggunakan kotak kayu. Imbang lah, agak lama tapi barang aman.

 REFERENCES

http://www.sby.dnet.net.id/dnews/mei-2013/article-10-perusahaan-it-yang-sukses-di-indonesia-244.html#.WdHPBoiGPIU

https://www.blibli.com/page/press-release/blibli-com-dan-unilever-indonesia-hadirkan-kemudahan-belanja-online-lewat-unilever-anchor-store/

https://utekno.com/kelebihan-kekurangan-blibli-10830

 

Kamis, 15 Juli 2021

PRODUK BUDAYA HASIL INDONESIA & FILOSOFINYA

BERBAGAI PRODUK BUDAYA HASIL INDONESIA & FILOSOFINYA





TARI KECAK

Bali merupakan tempat wisata yang sudah tersohor di luar negeri. Budayanya yang sudah terkenal yakni Tari Kecak. Tari Kecak adalah sebuah tarian yang dibawakan sebagai sendratari yang dipertunjukan massal dan terdapat unsur drama di dalamnya. 

Tari ini tergolong sendratari karena dari keseluruhan pertunjukan akan menggambarkan seni peran dari cerita pewayangan seperti tokoh Rama dan Sinta. Selain itu juga mempertontonkan kekebalan fisik para penarinya yang tidak terbakar api. Tari ini juga khusus digunakan untuk ritual keagamaan masyarakat Hindu di Bali. Tari Kecak menggunakan teriakan 'cak cak ke cak cak ke' sebagai musik pengiring. Oleh karena itulah tari ini disebut Tari Kecak. Di tahun 1930-an, seniman Bali bernama Wayan Limbak dan pelukis asal Jerman bernama Walter Spies menciptakan tarian kecak. Tarian ini terinspirasi dari ritual tradisional yang dilakukan masyarakat Bali yang kemudian diadaptasi dalam cerita Ramayana dalam kepercayaan Hindu untuk dipertontonkan sebagai pertunjukkan seni saat turis datang ke Bali. Tari kecak biasanya dilakukan oleh puluhan laki-laki bertelanjang dada dan mengenakan kain kotak-kota di pinggang hingga atas dengkul. Tari kecak pertama kali dipentaskan di beberapa desa saja salah satunya adalah Desa Bona, Gianyar. Namun berkembang ke seluruh daerah di Bali dan selalu dihadirkan saat kegiatan-kegiatan seperti festival yang dilaksanakan oleh pemerintah maupun swasta.







TARI LEGONG


Kata Legong berasal dari kata "leg" yang artinya luwes atau elastis dan kemudian diartikan sebagai gerakan lemah gemulai (tari). Dan  "gong" yang artinya gamelan.

 Legong adalah salah satu tarian klasik daerah Bali. Tari Legong bali termasuk kedalam tarian yang memiliki pembendaharaan gerak sangat kompleks. "Legong" dengan demikian mengandung arti gerak tari yang terikat (terutama aksentuasinya) oleh gamelan yang mengiringinya. Gamelan yang dipakai mengiringi tari legong dinamakan Gamelan Semar Pagulingan.








TARI SAMAN

Tari Saman telah berhasil menjadi ikon kebanggaan
Provinsi Daerah Istimewa Aceh. Tarian tersebut telah mendunia, karena didukung pula oleh keputusan UNESCO yang menyatakan Tari Saman sebagai warisan budaya.

 Tarian yang  berasal dari Suku Gayo Aceh Tenggara ini sering ditampilkan pada festival dan pertunjukan kesenian di penjuru dunia. Tari Saman biasanya ditampilkan untuk merayakan peristiwa penting dalam adat. Syair yang digunakan dalam Tari Saman menggunakan Bahasa Arab dan Bahasa Gayo. Beberapa literatur menyebutkan bahwa Tari Saman diciptakan oleh Syekh Saman, seorang ulama yang berasal dari Gayo. Tari Saman termasuk salah satu tarian yang unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan anggota tubuh bagian atas. Tari ini diakui dan masuk ke dalam daftar warisan budaya oleh UNESCO sebagai warisan budaya bukan benda.








TARI PENDET

Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang
 banyak dipertunjukkan di pura. Tari Pendet melambangkan
 penyambutan atas turunnya dewata ke dunia. 

Perkembangan tari ini sangat pesat, sehingga para seniman Bali menggubah Tari Pendet yang semula menjadi tari
 penyambutan terhadap para dewa, menjadi tari ‘ucapan selamat datang’ dan tetap mempertahankan nilai religius
yang dikandungnya. 

Pencipta Tari Pendet versi modern adalah I Wayan Rindi. Tidak seperti tari lain yang memerlukan pelatihan intensif, setiap orang dapat menarikan Tari Pendet, baik  pemangku pria ataupun wanita yang sudah dewasa maupun yang masih gadis.









TARI KIPAS

Tari Kipas merupakan seni tari yang berasal dari wilayah Gowa,  Propinsi Sulawesi Selatan. Dalam bahasa daerah di Gowa kata “Pakarena” berasal dari kata “Karena” yang memiliki arti “Main”. Tarian Kipas sendiri sudah menjadi kebiasaan masyarakat Gowa dan menjadi bagian budaya masyarakat Gowa yang dulunya adalah bekas Kerajaan. Menurut sejarah yang berkembang di kalangan masyarakat Gowa serta cerita secara turun temurun, tari Kipas berawal dari kisah penghuni negeri khayangan yang berpisah dengan penghuni Bumi pada dahulu kala. Sebelum mereka berpisah, para penghuni kahyangan mengajarkan ilmu pengetahuan bermanfaat tentang cara bertani, beternak serta berburu agar penduduk bumi hidup sejahtera. Cara ini diajarkan melalui gerakan-gerakan tari melalui badan dan kaki yang diperagakan oleh penghuni Kahyangan. Gerakan-gerakan tersebut kemudian dihapalkan oleh penghuni Bumi sebagai ritual untuk mengucap terimakasih kepada penghuni Kahyangan karena telah mengajarkan cara bertani, beternak dan berburu.

Gerak tari yang lemah gemulai banyak dituangkan dalam gerakan tari Kipas yang melambangkan sifat para wanita Gowa yang ramah, sopan, patuh, lembut dan hormat kepada laki-laki khususnya suami mereka. Tari Kipas sebetulnya dibagi menjadi 12 jenis meskipun sekilas sulit dibedakan oleh orang biasa karena pola gerak tari dimana satu bagian mirip dengan bagian tari lainnya.






TARI JAIPONG

Tari Jaipong adalah salah satu kesenian tradisional Jawa Barat yang sangat populer di Indonesia. Tari Jaipong ini merupakan penggabungan beberapa seni tradisional seperti pencak silat, wayang golek, ketuk tilu dan lain – lain. Tarian ini sering di tampilkan di berbagai acara seperti penyambutan tamu besar dan festival budaya.
Menurut sejarahnya, Tari Jaipong ini merupakan tarian yang di ciptakan oleh seniman bernama H. Suanda dari Karawang. Tarian ini mulai di populerkan pada tahun 1976 melalui media kaset dengan nama “Suanda Grup”. Pada saat itu masih menggunakan instrument sederhana sebagai pengiringnya seperti gendang, ketuk, kecrek, goong, rebab dan sinden. Melalui media kaset rekaman tersebut ternyata mendapat respon yang baik dari masyarakat Karawang sehingga tarian ini menjadi sarana hiburan bagi masyarakat disana.
Tarian Jaipong ini mulai di kenalkan ke masyarakat bandung  oleh seniman bernama Gugum Gumbira, dengan tujuan mengembangkan tarian asal karawang ini di kota bandung. Dengan terinspirasi dari berbagai kesenian sebelumnya seperti ketuk tilu, kliningan dan juga tari ronggeng, Gugum Gumbira mengemas tarian tersebut menjadi pengembangan dari Tari Jaipong.
Pada pertunjukannya, tarian ini  biasa di mainkan oleh para penari secara perorangan, berpasangan atau berkelompok. Gerakan dalam tarian ini merupakan tarian atraktif dengan gerakan yang dinamis. Dengan gerakan dominan antara tangan, bahu, pinggul yang di gerakan secara lincah dan dinamis. Pada saat menari secara berpasangan atau berkelompok, penari menari menari dengan gerakan yang padu antara penari satu dengan penari lainnya. Selain itu barisan atau formasi yang di lakukan secara berpindah – pindah akan menambah keindahan pada tarian tersebut. Dalam pertunjukan tari juga di iringi dengan music tradisional degung dengan alat music seperti kendang, gong, saron, kecapi dan lain – lain.
Busana yang di gunakan dalam tarian jaipong ini biasanya menggunakan kebaya berwarna cerah dan bawahan berupa kain jarit bermotif batik. Busana yang di gunakan pada tarian ini biasanya menggunakan ukuran longgar, terutama pada bagian bawah karena di sesuaikan dengan gerakannya yang lincah dan dinamis. Pada bagian kepala biasanya menggunakan sanggul yang di hias dengan hiasan seperti mahkota dan juga bunga untuk menambah kecantikan para penarinya. Selain itu penari juga di lengkapi dengan selendang yang di gunakan untuk menari sehingga terlihat sangat anggun.

Tari Jaipong ini menjadi salah satu simbol kesenian Jawa Barat. Tarian ini sering di tampilkan pada acara hiburan, penyambutan tamu besar dan festival budaya. Seiring dengan perkembangannya, tarian ini telah di modifikasi dengan berbagai kreasi gerakan dan juga kostum atau attribute yang di gunakan dalam menarinya. Perubahan dilakukan agar tarian tersebut terlihat menarik, namun tidak meninggalkan pakem atau keasliannya.







REOG PONOROGO

Reog adalah sebuah pertunjukan yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut, dan Kota Ponorogo dianggap sebagai kota asal reog yang sebenarnya. Gerbang Kota Ponorogo dihiasi oleh sosok warok dan gemblak, dua sosok yang ikut tampil ketika pertunjukan reog dibawakan. Reog adalah salah satu kebudayaan di Indonesia yang masih kental dengan hal-hal berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Reog modern biasanya ditampilkan dalam beberapa peristiwa seperti pernikahan, khitanan, dan hari-hari besar nasional. Jika berhubungan dengan pernikahan, adegan yang ditampilkan adalah adegan  percintaan, sementara untuk khitanan, kisah yang diambil  berasal dari cerita pendekar. 

Adegan dalam seni reog biasanya tidak mengikuti skenario yang tersusun rapi. Dalam pementasan reog, selalu ada interaksi antara pemain dan dalang (biasanya pemimpin rombongan), terkadang ada interaksi dengan penonton.Seorang pemain yang sedang pentas dapat digantikan oleh pemain lain bila pemain tersebut kelelahan. Yang lebih dipentingkan dalam pementasan reog adalah memberikan kepuasan kepada penontonnya.

Adegan yang paling dinanti oleh penonton adalah singa barong, dimana pelaku memakai topeng  berbentuk kepala singa dengan mahkota yang terbuat dari bulu burung merak. Berat topeng ini  bisa mencapai 50-60 kg. Topeng yang berat ini dibawa oleh penarinya dengan gigi. Untuk dapat membawa topeng ini dengan kuat, selain diperoleh dengan latihan yang berat, juga dipercaya diperoleh dengan latihan spiritual seperti puasa dan tapa.






RUMAH JOGLO

Rumah joglo merupakan bangunan arsitektur tradisional  jawa tengah, rumah joglo mempunyai kerangka bangunan utama yang terdiri dari soko guru berupa empat tiang utama  penyangga struktur bangunan serta tumpang sari yang berupa susunan balok yang disangga soko guru.

Susunan ruangan pada Joglo umumnya dibagi menjadi tiga bagian yaitu ruangan
 pertemuan yang disebut pendhapa, ruang tengah atau ruang pringgitan, dan ruang belakang yang disebut dalem atau ruang keluarga. Seiring perkembangan waktu banyak rumah joglo di redesign untuk keperluan tempat tinggal yang lebih modern namun tidak meninggalkan filosofinya tradisi rumah joglo tersebut.








BATIK

Setiap orang Indonesia pasti mengenal batik, baik yang
tradisional maupun yang telah diciptakan kembali dengan corak modern. Batik dihasilkan dengan cara menuliskan lilin panas ke atas kain dengan menggunakan canting. Batik biasanya digambar di atas kain katun atau kain sutera. Kain batik telah dikenal sejak zaman kerajaan Majapahit dan terus berkembang hingga hari ini dengan berbagai macam motif dan kreasi.

Batik adalah proses desain tradisional yang memanfaatkan teknik pewarna resist. Batik Indonesia sangat terkenal dengan para pengrajin di sini diyakini memiliki keterampilan yang hebat dan banyak pengetahuan mengenai pola Batik. Karena makna budaya dari teknik desain ini, UNESCO telah menetapkan Batik Indonesia sebagai Mahakarya Warisan Lisan dan Tak Benda Kemanusiaan.


Menurut Prof. Yohanes Surya, Ph.D., ahli fisika asal Indonesia, corak yang terdapat dalam
kain batik adalah lukisan tentang alam dan dinamikanya. Berbeda dengan para pelukis dengan media kanvas yang melukis suasana alam seperti yang dilihatnya, para pelukis batik melukis keadaan alam dari sudut pandang yang lebih dalam. Para pelukis batik mencari pola dasar dari suatu fenomena yang dilihatnya, kemudian menambahkannya dengan beberapa aturan sederhana. Atas dasar itulah, perlu suatu kejeniusan untuk melihat pola dasar yang ada di alam dan mencari aturan tersebut.






WAYANG

Wayang merupakan budaya Indonesia yang sudah tersohor. Bahkan Wayang sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia pada tahun 2003 dan telah dikenal luas oleh masyarakat dunia. Bahkan orang asing belajar wayang. Wayang adalah seni pertunjukan yang dimainkan oleh seorang dalang dengan diiringi musik gamelan serta suara seorang pesinden. Kisah yang diceritakan dalam lakon pewayangan tentang Petruk, Semar, Bagong, dan Gareng. 

Asal Usul Wayang Ditinjau dari sejarah yang ada, asal usul wayang dianggap telah hadir semenjak 1500 tahun sebelum Masehi. Wayang lahir dari para cendikia nenek moyang suku Jawa di masa silam. Pada masa itu, wayang diperkirakan hanya terbuat dari rerumputan yang diikat sehingga bentuknya masih sangat sederhana. Wayang dimainkan dalam ritual pemujaan roh nenek moyang dan dalam upacara-upacara adat Jawa. Pada periode selanjutnya, penggunaan bahan-bahan lain seperti kulit binatang buruan atau kulit kayu mulai dikenal dalam pembuatan wayang. Adapun wayang kulit tertua yang pernah ditemukan diperkirakan berasal dari abad ke 2 Masehi. 

Perkembangan wayang terus terjadi. Cerita-cerita yang dimainkan pun kian berkembang. Adapun masuknya agama Hindu di Indonesia pun telah menambah khasanah kisah-kisah yang dimainkan dalam pertunjukan wayang. Kisah Mahabrata dan Ramayana merupakan 2 contoh kisah yang menjadi favorit pada zaman Hindu Budha di masa itu. Kedua epik ini dinilai lebih menarik dan memiliki kesinambungan cerita yang unik sehingga pada abad ke X hingga XV Masehi, kedua kisah inilah justru yang menjadi cerita utama dalam setiap pertunjukan wayang.






KERIS

Keris merupakan senjata tradisional asli Indonesia yang diyakini mengandung kekuatan supranatural. Raja-raja di Nusantara pada zaman dahulu menjadikan keris sebagai senjata pusaka.

Keris telah digunakan sejak abad ke-9 dan dibuat oleh para pengrajin yang disebut mpu. Bilah pisau pada keris dibuat dari campuran beberapa logam, sementara gagangnya dibuat dari tulang, tanduk, atau kayu.


Pada zaman dahulu, logam pembuat keris diambil dari meteor yang jatuh ke bumi. Para
peneliti sempat menyebutkan bahwa keris kuno mengandung unsur titanium, yakni suatu bahan yang baru digunakan pada abad 20 sebagai pelapis kendaraan luar angkasa. Akan tetapi, para mpu ternyata telah terlebih dahulu menggunakan bahan tersebut sebagai bahan pembuat keris.






ANGKLUNG

Angklung adalah alat musik bernada ganda yang secara tradisional berkembang dalam masyarakat. Angklung selama ini dikenal sebagai alat musik khas daerah Jawa Barat. Menggunakan bahan dasar bambu, angklung dimainkan dengan cara digetarkan sehingga benturan antara pipa bambu dengan tiangnya akan menghasilkan bunyi tertentu. Ada 2 laras (titi nada) dalam angklung, yakni laras slendro dan pelog.

Pada awalnya, Angklung diciptakan dan dimainkan untuk memikat Dewi Sri supaya turun
ke Bumi, sehingga tanaman padi dapat tumbuh dengan subur. Selain itu, angklung juga dikenalmasyarakat sebagai penggugah semangat rakyat ketika bertempur pada masa peperangan di tanah air. Itu sebabnya pemerintah Hindia Belanda pada masa itu sempat melarang penggunaan angklung. Angklung telah mendapat pengakuan resmi dari UNESCO sebagai bagian dari warisan  budaya.




Sabtu, 22 Mei 2021

SINOPSIS DARI SEBUAH FILM DAN NILAI-NILAI KEHIDUPAN YANG TERKANDUNG DIDALAMNYA


 

Assalamualaikum kawan kali saya akan membahas/mereview sebuah Film yang berjudul Grave of the Fireflies atau hotaru no haka keren kan judul nya, jadi kawan film ini bertemakan perjuangan hidup. Bagaimana seorang kakak beradik yang berjuang hidup ditengah perang kawan. Film ini berlatar sekitar tahun 1945,pada saat serangan udara di Jepang. Hal itu terlihat dari setting bangunan yang hancur terkena serangan udara yang berupa sebuah boom yang dilontarkan dari sebuah pesawat kawan

Film yang berdurasi 1hr 29min ini dapat membuatmu menangis haru kawan, dengan kisah hidup kakak beradik Seita dan Setsuko, yang berjuang hidup ditengah perang. film ini baik jika ditonton oleh semua kalangan dan semua umur, karena dalam film Garve of the Fireflies ini terdapat banyak pesan moral, salah satunya adalah pesan moral tanggung jawab.

Berbagai tanda yang digunakan dalam film Grave of the Fireflies, mulai dari ikon, indeks, simbol yang ditemukan dalam  scene yang mewakili pesan moral tanggung jawab, pada film Grave of the Fireflies tersebut, memperlihatkan tentang bagaimana tanggung jawab itu dilakukan oleh orang yang lebih tua kepada orang yang lebih muda, terlihat dari setiap scene yang memperlihatkan Seita yang berjuang untuk terus menjaga Setsuko.

saya akan memberikan scene yang memberikan pesan moral tanggung jawab yang dapat saya lihat pada scene saat terjadinya serangan udara

 berikut link film dari film Grave of the Fireflies yang bisa kamu tonton juga kawan



Pada menit ke 7 lebih 55 detik, menunjukan pesan moral rasa tanggung jawab dari seorang kakak yaitu seita yang harus menjaga dan memberi perlindungan kepada adiknya setsuko dari serangan udara untuk mencari tempat perlindungan yang aman dengan cara menggendongnya.



Hikmah yang saya petik setelah menonton ini kawan. Bersyukurlah, sampai saat ini kita masih memiliki keluarga,makanan, tempat tinggal. Dan perlu di ketahui juga, bahwa di luar sana masih banyak seita dan setsuko lain nya dan dari film ini saya merasakan penderitaan mereka mencari makan untuk bertahan hidup, sampai-sampai seita nekat mencuri, semoga hati kita selalu tergerak kawand untuk senantiasa berbagi kepada mereka yg kekurangan.

dapat kita simpulkan kawan bahwa film Grave of the Fireflies mempunyai banyak pesan moral salah satunya yaitu rasa tanggung jawab yang cukup banyak dalam sisi kehidupan, yang dimunculkan Dalam setiap scene nya sebagai mana yang ditunjukkan karakter Seita yang selalu menunjukan tanggung jawabnya sebagai seorang kakak terhadap Setsuko adiknya untuk senantiasa menjaganya.


 INFORMASI TENTANG FILM

Tanggal rilis: 16 April 1988 (Jepang)

Sutradara: Isao Takahata

Cerita oleh: Akiyuki Nosaka

Diadaptasi dari: Grave of the Fireflies

Produser: Toru Hara, John Ledford, Kazuyuki Satô, Keijo Miruta, LAINNYA

informasi lebih lanjut: Grave of theFireflies (1988) - IMDb











Assalamualaikum kawan  kali ini saya akan mereview sebuah Film Mirai (2018) atau disebut juga Mirai no Mirai yang merupakan sebuah animasi yang menggambarkan kehidupan keluarga dari perspektif anak-anak. Menghadirkan premis yang baru, atau jarang ditampilkan oleh film animasi saat ini kawan, jadi kawan film Mirai ini bisa menggaris bawahi pentingnya keluarga yang memberi pengalaman pertama tentang kehidupan manusia kawan.



film ini memang tidak mengantarkan satu plot dengan satu garis lurus saja kawan, akan tetapi menggunakan beberapa fragmen layaknya episode dalam sebuah animasi pendek. Tetapi semuanya berhubungan dengan perjalanan Kun dan rasa cemburunya terhadap adik barunya.

jadi menurut saya kawan Daya tarik film Mirai  ini bukan hanya kesan surreal yang didapatkan, tetapi juga bagaimana premis yang dekat dengan kehidupan sehari-hari bisa menjadi sebuat plot yang menghanyutkan. Bisa dibilang, film Mirai adalah salah satu dari sedikit animasi yang bisa lebih dinikmati oleh orang tua dibandingkan anak-anak; betapa beratnya membesarkan anak dan menyeimbangkannya dengan pekerjaan dan kehidupan lainnya.



plot nya ini kawan Kun adalah anak laki-laki pertama dari ayah (lupa namanya:() dan ibu (Yumi-San) yang tinggal di daerah Isogo-ku Yokohama. Ibu Kun-Chan bekerja sebagai pegawai swasta sedangkan ayahnya bekerja sebagai arsitek. Ayah Kun-Chan membangun rumah tinggal mereka dengan desain yang cukup unik. Ayahnya menanam sebuah pohon Oak atau Ek di tengah-tengah rumah mereka sebagai pemisah antara ruang bermain dengan ruang utama. Pohon Ek yang berada di taman ini  sering di gunakan Kun-Chan untuk bermain dengan anjing peliharaannya bernama Yukka. Bagi Ayah dan Ibu, kehadiran pohon Ek di tengah rumah mereka mungkin akan terlihat seperti pohon-pohon Ek pada umumnya, tapi bagi Kun-Chan, pohon Ek itu – nantinya akan membawa ia pada sebuah pengalaman paling berharga dalam hidupnya.

 


 

 


Secara keseluruhan, film Mirai merupakan jalan terbaik untuk menggali kembali betapa pentingnya dan menyenangkannya berada dalam sebuah keluarga. Melalui film ini, Mamoru Hosada mengingatkan kita kembali bahwa keluarga merupakan tempat kita tumbuh dan berkembang, meskipun ada banyak pertengkaran serta ego yang tertahan.

Berikut merupakan pesan moral yang dapat diambil dari film anime Mirai ini kawan :

1.     Kakak yang baik selalu menyayangi adiknya, menjaganya dari hal-hal yang membuat adiknya tidak nyaman. Mengajaknya main namun tidak membahayakan adik dan dirinya sendiri.

2.    Orang tua bisa adil dalam memberi kasih sayang dan perhatian pada anak-anaknya. Dapat bersikap bijak dalam menghadapi kelakuan anaknya. Haruskah selalu marah apabila sang anak merajuk? Seharusnya orang tua juga berkaca, merefleksikan dirinya, adakah sikap atau perbuatan yang salah yang mengakibatkan anaknya berperilaku demikian.

 

anime Mirai karya Mamoru Hosoda ini mengungkapkan struktur naratif anime Mirai dan representasi aktualisasi diri tokoh Kun Chan. Analisis yang penulis lakukan terlebih dulu adalah meneliti tentang struktur naratif. Berikut ini adalah hasil analisis struktur naratif anime Mirai. Struktur yang pertama adalah cerita dan plot. Anime Mirai menceritakan tentang Kun chan yang cemburu pada Mirai, adiknya. Cerita dalam anime Mirai sangat bagus karena menyajikan visual yang mengagumkan. Selanjutnya, hubungan waktu dan naratifnya linier dan latarnya berada di rumah Kun Chan. Kun Chan adalah tokoh utama dari anime Mirai, memilki sifat yang cenderung masih berubah-ubah dan dapat berkembang. Kemudian, permasalahan dalam anime ini adalah Kun chan merasa kurang mendapatkan kasih sayang dan perhatian dari orang tua. Oleh karena itu, tujuan Kun chan dalam anime ini adalah menjadi anak yang membanggakan

 

Kesimpulan film Mirai (2018) menggaris bawahi pentingnya keluarga yang memberikan pengalaman pertama tentang kehidupan manusia. Melalui film ini kita dapat tahu kawan, Mamoru Hosada mengingatkan kembali bahwa keluarga merupakan tempat kita tumbuh dan berkembang, meskipun ada banyak pertengkaran serta ego yang tertahan. Sebuah animasi keluarga yang akan membangkitkan perasaan hangat bagi mereka yang jarang bertemu dengan keluarga.

INFORMASI TENTANG FILM

Directed :Mamoru Hosoda
Produced : Nozomu Takahashi, Yuichiro Saito
Starring :Moka Kamishiraishi, Haru Kuroki, Gen Hoshino, Kumiko Aso, Mitsuo Yoshihara
Production :Studio Chizu
Distributed :Toho
Genre :Animasi/Drama/Petualangan
Durasi :1 jam 38 menit
Rating IMDB :7.2/10 
Rotten Tomatoes :92%
MyAnimeList :7.6/10


 

 

MATKUL (SEMESTER 2) ILMU SOSIAL DASAR#